Sejarah

Fakultas Bahasa dan Sastra berdiri pada tahun 1961 — dengan melahirkan Program Studi Sastra Inggris sebagai program studi pertama di Universitas Kristen Petra. 

Tahun 1982, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No: 089/O/1982, Program Studi Sastra Inggris memperoleh status Disamakan.

Dengan dikeluarkannya surat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional bernomor 2656/D/T/99 tertanggal 21 Oktober 1999, Fakultas Bahasa dan Sastra memperoleh kesempatan untuk membuka Program Studi Sastra Tionghoa mulai tahun akademik 2000/2001.

Mengikuti keberhasilan Program Studi Sastra Inggris dan Program Studi Sastra Tionghoa, Fakultas Bahasa dan Sastra mendirikan Program Studi S2 Magister Ilmu Susastra pada tahun 2014. 

Guna menyediakan pengalaman internasional bagi para mahasiswa, Fakultas Bahasa dan Sastra bekerjasama dengan Dongseo University (South Korea), Sophia University (Japan), International Christian University (Japan), Wenzao Ursuline University of Languages (Taiwan), dan Southern Cross University (Australia).